Saya benar² kaget ketika saya membaca ini di Twitter, Facebook, dan Forum Indoflyer:

A380 telah mendarat di Bandara 
Soekarno-Hatta (WIII/CGK), Jakarta

9V-SKC di CGK
Setelah telpon dan chatting dengan beberapa sumber, ternyata memang benar.

Penerbangan Singapore Airlines dengan nomor penerbangan SQ232 dari Sydney ke Singapore, sedang diterbangkan oleh A380 dengan registrasi 9V-SKC ketika tiba² harus melakukan diversion ke bandara terdekat yang mampu menerima pesawat seukurannya, yaitu Soekarno-Hatta di Jakarta. Pesawat mendarat pada pukul 1546WIB (0846UTC) di Runway 25R, dan keluar menggunakan taxiway N5, dan berhenti di WC1 antara SP2 dan NPW. Setelah penumpang yang sakit dievakuasi, pesawat berputar 180 derajat di NPW dan masuk ke WC1 lalu NP2 dan N6. Pesawat lepas landas dari Runway 07L pada pukul 1630WIB (0930UTC) melanjutkan perjalan ke Singapura (dengan perubahan ETA 1830 waktu Singapura atau 1130UTC).

Teman saya yang satu ini senang sekali bisa melihat A380 di Jakarta!
(photo oleh: Ignatius Suryadi)
Pesawat parkir di taxiway WC1 dan bukan di apron supaya menghemat waktu dan pesawat tidak perlu didorong mundur dari tempat parkirnya untuk melanjutkan perjalanannya. Namun, Bandara Soekarno-Hatta sudah memiliki Ground Service Equipment yang bisa menangani pesawat A380 meskipun tidak ada penerbangan berjadwal menggunakan pesawat tipe tersebut, tetapi agar bandara bisa membantu penerbangan menggunakan A380 yang melakukan diversion dan membutuhkan tempat parkir di apron.

Gunakan peta ini untuk melihat pesawat mendarat, parkir, dan lepas landas dimana.
(Peta oleh: Gerry Soejatman)

Bandara Soekarno-Hatta memang memiliki tempat parkir yang bisa digunakan oleh pesawat A380, namun tidak adanya penerbangan A380 berjadwal kesana dikarenakan kurangnya area di boarding gate yang mampu menampung jumlah penumpang yang diangkut oleh satu A380, dan gate yang bisa menerima A380 di terminal international (2D dan 2E) sepertinya hanyalah gate D1 (parking position D11).

Para pemimpi dan penghujat di komunitas penggemar penerbangan Indonesia sudah lama menunggu kedatangan A380 ke Indonesia. Alasan² dari seperti “landasannya tidak kuat untuk A380” atau “landasannya kurang panjang untuk A380”, hingga seperti “semestinya semua airline harus dipaksakan terbangi A380 ke Jakarta” sudah pernah saya dengar/baca. Tapi saya yakin, dari mereka² ini, pasti banyak yang kaget bahwa hari ini memang ada pesawat A380 yang mendarat di Jakarta.

Sayangnya, penumpang yang sakit tersebut, dikabarkan telah meninggal dunia. Penumpang tersebut adalah warga negara Indonesia dan kemungkinan besar memang sedang menerbangkan SYD-SIN-CGK dengan SQ. Untuk istrinya yang mendampinginya hingga saat terakhir, dan untuk keluarganya, saya mengucapkan turut berduka cita.


Meskipun semua pihak telah bekerja sama dan berupaya sebaik mungkin untuk menyelamatkan sang penumpang, Tuhan punya kehendak lain. Kehormatan yang diberikan kepada 9V-SKC sebagai pesawat A380 pertama yang mendarat di Indonesia, sayangnya tidak berakhir 100% dengan gembira…


Edit: 1906WIB
Penumpang mengalami serangan jantung saat pesawat berada diatas Bali. Jakarta adalah bandara terdekat dari Bali yang bisa menerima A380.