Pernahkah anda terbang di cuaca buruk dan turbulensinya terasa keras hingga anda khawatir sayap pesawatnya akan patah? Jika iya, maka simaklah video dibawah ini agar anda tidak usah khawatir.

Setiap tipe pesawat komersil harus melalui static test untuk membuktikan kekuatannya dalam proses sertifikasi dan juga untuk bisa memulai penerbangan uji-cobanya. Tesnya harus bisa mensimulasikan beban yang dialami badan dan sayap pesawat di batas akselerasi vertikal yang diperlukan dalam sertifikasi. Untuk pesawat sipil komersil, pesawat harus bisa mampu bertahan dengan akselerasi vertikal sebanyak 3.5G sebagai target, dan uji cobanya harus bisa mencapai 150% dari beban akselerasi tersebut sebelum ada kerusakan.

787-structural-tests

Uji coba kekuatan struktur Boeing 787 (Sumber: Boeing)

Dalam penerbangan rutin maupun cuaca buruk, berapa G sih yang kita alami? Pesawat mendarat kasar saja tidak sampai 1.4G. Masuk ke dalam turbulence yang cukup parah itu hanya 1.25G.

Jadi lain kali anda khawatir mengenai kekuatan pesawat ketika penerbangan anda mengalami turbulensi, tidak usah khawatir. Biarkanlah si pesawatnya yang menangani stress akibat turbulensi, bukan anda.

[poll id=”3″]