Pramugari berakrobat untuk… Hah? Pesawat apa?

Kita sudah pernah melihat awak kabin pesawat berguyon atau menari untuk mendapatkan perhatian kita pada safety demo dan safety announcement. Kita juga sudah pernah melihat awak kabin telanjang dan hanya bermodal body paint untuk safety demonstration video. Di Rusia, maskapai Avianova sempat membuat video promosi pramugarinya mencuci pesawat (sebelum maskapai tersebut bangkrut).

OKGoAB-5

Di sisi lain, maskapai penerbangan juga biasanya menampilkan armada pesawat terbaru, terbesar atau tercanggihnya. Jadi tentu saja sangat aneh ketika melihat foto seorang pramugari berpose di dalam atau keluar dari sebuah pesawat transport kargo/ militer tua.

OKGoAB-4
Menikmati pemandangan dari posisi observasi untuk navigator.

Tidak hanya sekedar berpose di pesawat angkut kargo/militer tersebut, tetapi ada juga foto kedua pramugari tersebut berpose selagi mengenakan peralatan harness parasut!

OKGoAB-7Di foto terlihat ada logo maskapai S7 Airlines. Topi pramugarinya tersebut juga ada logo S7 Airlines. Setahu saya armada mereka pesawat² mereka hanya pesawat penumpang biasa seperti A320 Family dan 767-300ER. Lantas, penerbangan apa ini?

Coba lihat dulu video ini:

OK Go – Upside Down & Inside Out

Hello, Dear Ones. Please enjoy our new video for "Upside Down & Inside Out". A million thanks to S7 Airlines. #GravitysJustAHabit

Posted by OK Go on Thursday, 11 February 2016

Jika video player tidak kelihatan, klik DISINI atau DISINI.

Pada tanggal 11 Februari 2016 sebuah grup band alternative rock dari Amerika Serikat, OK Go, membuat video musik untuk lagunya Upside down & Inside out dalam kondisi zero-gravity dengan menggunakan pesawat Ilyushin Il-76 yang di modifikasi khusus untuk pelatihan astronot/kosmonot. Dalam waktu 2 hari video ini sudah dilihat oleh lebih dari 35 juta kali!

OKGoAB-2
Kalau sampai melihat pramugari penerbangan reguler anda melakukan aksi “ngambang” seperti ini, berdoalah!

Biasanya video² musik yang menggambarkan kabin pesawat adegannya biasa² saja malah banyak yang cenderung basi. OK, saya belum pernah dengar nama grup OK Go ini sebelum saya melihat video ini, namun aksi di video ini benar² menakjubkan!

Bagaimana shooting-nya?
OKGO-Il76-6
Trajectory Parabola untuk penerbangan simulasi Zero-G

Video ini diambil dengan pesawat menerbangan manuver parabolik menghasilkan kondisi zero gravity untuk beberapa saat. Untuk mempelajari fenomena ini silahkan ke link Reduced Gravity Aircraft (klik).

OKGo-Il76-1
Pesawat Il-76 yang digunakan

Shooting dan penerbangan video ini semua dilakukan di Yuri Gagarin Cosmonaut Training Center milik ROCOSMOS (Badan Antariksa Rusia) di Star City. Pesawat yang digunakan adalah pesawat Ilyushin Il-76 yang di modifikasi khusus untuk penerbangan zero-g.

OKGO-Il76-4
Kabin pesawat inipun di modifikasi penambahan mock-up cabin pesawat penumpang untuk adegan video.

Agar tidak berkesan zero-g di video ini hanya berfungsi sebagai gimmick, videonya adalah video single take, tentunya dengan bagian² yang dihapus. Waktu maksimal untuk zero gravity adalah sekitar 27 detik dan untuk recovery dan persiapan manuver parabola berikutnya membutuhkan waktu sekitar 5 menit. Karena videonya adalah single-take, jadi perekaman dilakukan secara continuous untuk 8 kali zero-g, atau sekitar 45 menit. Musik dan aksi² dihentikan salama pesawat berada diantara periode zero-g, dan rekaman diwaktu ini dihapus dan transisinya diperhalus menggunakan morphing.

OKGo-Il76-3
Salah satu adegan di kondisi zero-g.

Waktu² zero-g di video juga bukan 27 detik seperti yang tertulis diatas. Ini karena bagian² dari lagi ini berubah sekitar setiap 21 detik dan menyamakan antara periode zero-g dengan transisi musik ini sangat penting. Solusinya dengan melakukan adegan dengan lebih pelan dari hasil akhir yang diinginkan. Tempo lagunya kira² 92.5 beats per minute dan rekaman dilakukan dengan mengikuti musik yang dimainkan dengan tempo 72 beats per minute, dan hasil akhirnya diputar dengan tempo asli lagu.

OKGO-Il76-5
Perencanaan shooting

Perencanaan shooting ini tentunya memakan waktu beberapa bulan, namun shootingnya sendiri memakan waktu 3 minggu, dengan 21 penerbangan masing² dengan 15 parabola zero-g dengan total waktu zero-g sebanyak 2 jam 15 menit. Minggu pertama digunakan untuk eksperimen melihat adegan² seperti apa yang bagus dan apa yang jelek dalam kondisi zero-g. Minggu kedua digunakan untuk latihan urutan adegan² untuk pengambilan gambar. Minggu ketika baru shooting yang sebenarnya dimana adegan sepenuhnya dilakukan 8 kali di 8 penerbangan.

OK, lalu apa hubungannya ini dengan S7 Airlines?
OKGoAB-6
Tatyana Marynova (kiri) dan Anastasia Burdina (kanan).

S7 Airlines adalah maskapai penerbangan Rusia yang pendukung proyek video ini. Maskapai dengan motto “empower people to chase their dreams” ini memberi dukungan penuh juga dengan kerjasama mitra agen talenta mereka, TUTKOVBUDKOV. 2 pramugari S7 di video tersebut, Tatyana Martynova dan Anastasia Burdina, adalah pemain akrobat udara terlatih.OKGoAB-8

Iseng nanya dong… Ada yang muntah gak?

Sebelum dan setelah setiap periode zero-g, ada waktu sekitar 20 detik dimana gravitasi terasa lebih besar dari biasanya, dan pada transisi inilah resiko muntah cukup tinggi. Menurut keterangan di situs OK Go, selama 21 penerbangan yang dilakukan untuk video ini, total jumlah kasus muntah ada 58 kali! Selain itu, penyanyi utamanya juga sempat black-out di salah satu perekaman pada saat pesawat keluar dari zero-g.

Video “Behind-the-scenes“.

Selamat deh untuk OK Go untuk videonya yang cukup awesome. Mereka memang sudah cukup terkenal membikin music video yang single-take dan challenging… cuman, setelah video ini sih, saya juga punya pertanyaan sama dengan banyak orang lain, kapan yah mereka bisa bikin lagu hits yang memang bagus dan gampang diingat?

Credits:

Sumber Foto: A. Burdina.
Sumber Video: OKGo.net

Comments through Facebook

Leave a Reply