MH1-Turb2

A380 Malaysia Airlines terkena turbulensi berat

Pesawat Airbus A380 Malaysia Airlines dengan registrasi 9M-MNF yang sedang melakukan penerbangan nomor MH1 dari London Heathrow (LHR/EGLL) ke Kuala Lumpur (KUL/WMKK) dengan 378 penumpang terkena turbulensi berat diatas Teluk Bengal sekitar pukul 0800UTC tanggal 5 Juni (pesawat berangkat pada 4 Juni dari LHR). Dilaporkan antara 4 hingga 34 penumpang dan 6 awak kabin cedera akibat turbulensi tersebut. Beberapa awak kabin dan penumpang memerlukan bantuan medis saat tiba di Kuala Lumpur.

Menurut keterangan yang diberikan oleh maskapai, tanda mengenakan sabuk pengaman sedang dinyalakan pada saat kejadian karena pesawat sedang melalui cuaca dan turbulensi ringan hingga sedang. Meskipun turbulensi beratnya hanya terjadi dalam beberapa saat, berikut foto² dari penerbangan tersebut yang beredar di media sosial.

MH1-Turb1
Kondisi kabin pesawat setelah kejadian turbulensi berat.
MH1-Turb2
Galley trolley inipun tidak luput dari kerusakan. Bayangkan jika trolley ini melayang dan mengenakan orang pada saat turbulensi berat.
MH1-Turb3
Indentasi bekas kepala penumpang di overhead panel.
MH1-Turb4
Meal Tray-pun ada yang lepas. Kemungkinan penumpang di kursi tersebut berpegangan erat dan tidak mengenakan sabuk pengaman ketika turbulensi berat terjadi

Leave a Reply