Hari ini Mandala kembali mengudara dengan penerbangan Jakarta-Medan dan dirayakan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Namun, walaupun saya senang melihat Mandala kembali, sepertinya ada sesuatu yang hilang… Mandala itu sendiri…

Mari kita lihat poster yang digunakan sebagai background perayaan tersebut. Tulisannya tidak ada kata-kata “kembali” atau kata-kata yang menggambarkan kembalinya Mandala, tetapi malah ada kata “penerbangan perdana.”

“Penerbangan perdana,” sepertinya sejarah Mandala telah dihapus.
Photo by Capt D.A.
Brand Mandala sendiri dibatasi menjadi hanya sebuah nama, ditambah dengan “Book on TigerAirways.com“… “pesan di TigerAirways.com”.

Seperti telah saya tulis sebelumnya di “Mandala kembali dan mengubur legendanya”, livery Mandala sudah dipastikan tidak akan kembali.

Buntut Tiger, bernama Mandala
Photo by: Capt. D.A.
Dan juga seragam awak kabinnya pun tidak ada hubungannya dengan Mandala yang lama, kecuali tulisan kecil “Mandala” tertera di seragam.

Seragam Tiger Uniform untuk awak kabin Mandala,
tulisan Mandalanya kecil sekali!
Nama Mandala masih dipertahankan hanya demi mempertahankan AOC nya saja karena Direktorat Jendral Angkutan Udara dikabarkan tidak mau menerima perubahan nama dalam AOC Mandala.

Jadi, Mandala telah kembali, tanpa jiwanya maupun raganya. Ia hanyalah hantu yang masih ada di dunia ini tertahan karena AOCnya. Namun, saya berharap si bayi macan ini akan bisa bertahan!